Rabu, 03 April 2013

Robert Hooke


       Robert Hooke lahir di Inggris tahun 1635. Hooke adalah seorang penemu yang brilian. Ia menciptakan kopling yang dipakai untuk kendaraan bermotor saat ini; diafragma iris yang mengatur bukaan lensa kamera; pegas pada roda penyeimbang arloji; bahkan dia membuat pompa udara untuk Robert Boyle. Hukum Hooke adalah teori tentang elastisitas pegas yang sampai sekarang dipakai untuk patokan. Prestasi terbesar Hooke, yaitu menciptakan mikroskop majemuk (Hookscop) yang kemudian dikembangkan oleh Christopher Crock.
            Sel adalah kata ciptaanya untuk menggambarkan rongga-rongga berbentuk sarang lebah pada gabus. Selanjutnya, istilah “sel” diartikan sebagai unit dasar penyusun makhluk hidup. Bukunya yang berjudul Micrographia (gambar-gambar kecil) yang diterbitkan tahun 1655, berisi gambar kehidupan serangga yang digambar denganindah dan akurat berdasarkan yang ia lihat di bawah mikroskop. Ia menggambarkan sketsa kutu berukuran 30 cm x 45 cm dengan detil dari mulai cakar, tulang belakang, sampai kulit kerasnya.
            Dalam bukunya Hooke menulis, “Mikroskop memungkinkan untuk melihat ratusan kali ujung lancip dari jarum yg tajam”. Untuk kali pertama mikroskop menyikapkan kehidupan mahkluk hidup yang luar biasa rumit. Hooke adalah orang pertama yang memeriksa fosil dan menyebutkannya sebagai jasad atau sisa organisme yang sudah lama mati.
            Setelah kebakaran London 1666, Hooke diangkat menjadi juru survei untuk pembangunan kembali London, nersama dengan Christoper Wren. Hooke membuat monument peringatan setinggi 62 meter di London. Pilar itu dibuat tanpa penopang dan ia berniat menggunakannya untuk menguji teori gravitasi. Ia juga ikut berperan dalam pembuatan Royal Observatory Greenwich bersama Wren. Montague House, gedung pertama British Museum, merupakan salah satu dari karyanya.
            Hooke adalah astronom hebat, ia termasuk orang pertama yang membuat teleskop pemantul, yang ia namai dengan nama astronom dan ahlu matematika Skotlandia, James Gregory. Berdasarkan pengamatannya, planet Yupiter berputar pada porosnya dan sketsa Mars karyanya digunakan 2 abad kemudian sebagai penentu kecepatan rotasi planet tersebut. Robert Hooke Meninggal tanggal 3 Maret 1703.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar