Rabu, 03 April 2013

Adam Osborne



       Adam Osborne adalah salah seorang yang memegang peranan penting dan berpengaruh di dalam sejarah awal pembuatan laptop. Ia dilahirkan di Thailand pada 1939. Ia pindah ke Inggris saat berusia 11 tahun. Pada tahun 1961, ia lulus dari Universitas Birmingham, Inggris, sebagai sarjana muda di bidang Teknik Kimia.
            Ia sangat tertarik dengan dunia tulis menulis, khususnya tentang buku panduan computer baru yang akan dikembangkannya. Osborne mencoba mendirikan perusahaan penerbitan sendiri bernama Osborne Books.
            Ia sangat yakin bahwa computer akan dapat benar-benar berguna jika dapat dibuat mobile (dapat dibawa ke mana-mana) dan dinamis bersama penggunaanya, serta dapat digunakan kapan saja dan di mana saja orang itu berada. Namun, perusahaan komputer yang ada belum siap dengan konsep-konsepnya.
            Pada Maret 1980, ia bertemu dengan Lee Felsenstein, seorang yang ahli mendesain papan sirkuit untuk teknologi prosesor. Felsenstein memang memulai usahanya di bidang pembuatan perangkat keras (hardware). Perusahaan hardware-nya itu tidak hanya memproduksi komputer-komputer yang portable, tetapi juga menawarkan software-nya.
            Felsenstein mulai mendesain sebuah komputer yang portable, yang akan sanggup disimpan di bawah tempat duduk dalam sebuah pesawat. Komputer itu memiliki berat hanya 24 pon, memiliki tampilan (display) 52 kolom yang akan cukup di dalam layar 5 inci, tabung pelindung, dan 2 disk drive.
            Setelah hardware-nya terwujud, Osborne mencoba menghubungi beberapa penyedia software dan membuat perjanjian untuk menyediakan bahasa BASIC dan CBASIC, pengolah kata Wordstar, dan program pengolah data SuperCalc di setiap komputernya. Osborne mulai memperkenalkan komputer barunya tersebut, yang diberi nama Osborne 1. Komputer tersebut merupakan computer portable pertama yang software-nya dapat diperoleh dengan harga $1.795 dan salah satu PC yang paling laris.
            Bagaimanapun, Adam Osborne merupakan seorang yang jenius tentang penemuannya membuat komputer portable yang memberi kemudahan-kemudahan untuk para pengguna komputer. Adam Osborne meninggal di Kodiakanal, India Selatan, pada 25 Maret 2003, setelah menderita penyakit yang berkepanjangan pada otaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar