Sabtu, 07 September 2013

Carly Fiorina




      Nama Carly mungkin tidak sebegitu terkenal Bill Gates atau Steve Jobs, tapi kiprah CEO perusahaan komputer Hewlett-Packard ini tidak kalah hebat. Latar belakang pendidikannya adalah bisnis sehingga Fiorina meniti karirnya di bidang Manajemen di AT&T dan Lucent. Dialah yang mencetuskan ide untuk melakukan merger dengan perusahaan besar komputer lainnya COMPAQ untuk dapat tetap bersaing ketat dengan beberapa perusahaan computer lainnya seperti SUN, IBM, dan DELL.
            Untuk menjual idenya ke seluruh pegawai HP yang berjumlah sekitar 140.000-an orang, Fiorina tidak sungkan-sungkan untuk mondar-mandir menjelaskan idenya ke orang-orang yang penting dan bertemu dengan karyawannya. Dia melakukan praktek yang sama seperti kedua pendiri HP, yaitu David Packard dan William R. Hewlett yang dikenal dengan sebutan “Management by Walking Around”. Bila kedua insinyur tersebut mondar-mandir untuk memotivasi karyawannya agar kerap menciptakan teknologi baru maka Fiorina sibuk bertemu karyawannya untuk membujuk menerima idenya. Pada akhirnya, usahanya ini membuahkan hasil ketika akhirnya pemilik saham HP setuju untuk bergabung dengan COMPAQ.
            Sekarang ini, Fiorina mendorong karyawannya untuk kerap menemukan teknologi baru. Slogan HP pun berbunyi “Invent” (temukan). Usahanya menggabungkan dua perusahaan besar komputer AS supaya mengembalikan kepercayaan investor ke sektor teknologi dan juga HP. Bahkan, kiprahnya ini juga sudah disebut-sebut akan menjadi bahan studi menarik bagi para penulis bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar