Kamis, 24 Mei 2012


ISLAM GARUT

Makam  Sunan Cipancar
Di dusun Pasir Astana,Desa Pasir Waru,kec. Limbangan,Kab. Garut,Provinsi Jawa Barat
Sunan Dalem Cipancar atau Adipati Liman Senjaya adalah bupati Limbangan pada tahun 1525.Beliau adalah salah satu penyebar agama islam di wilayah Garut.Ukuran makam Yaitu 4,80 x 3,40 M dengan tinggi 1,94 M.

Makam  Mbah  Pangadegan
Di Cangkuang,Kecamatan Leles,Kabupaten Garut,Provinsi Jawa Barat.
Makam Mbah Pangadegan letaknya di sisi timur kampung Pulo,sekitar 1 KM. Makam tersebut berada di atas bukit berukuran 3,30 x 1,47 m di dampingi makam istrinya di sebelah barat.Beliau adalah salah satu penyebar agama islam di daerah Cangkuang.

Makam Wirabaya
Di Cangkuang,Kecamatan Leles,Kabupaten Garut,Provinsi Jawa Barat.
Ukuran makam Wirabaya 2,05 x 0,90 M dengan di dampingi oleh makam istrinya di sebelah barat.Wirabaya adalah satu tokoh penyebar agama islam di wilayah Cangkuang.

Makam Arif Muhammad
Di Cangkuang,Kecamatan Leles,Kabupaten Garut,Provinsi Jawa Barat.
Arif Muhammad merupakan prajurit mataram islam yang kalah dalam perang Belanda di Batavia abad 17.Beliau adalah salah seorang penyebar agama islam khususnya daerah cangkuang dan sekitarnya.Denah persegi panjang berukuran 260 x 126 x 80 cm.





PENINGGALAN

Candi Blandongan
Segaran,Batujaya,Karawang,Jawa Barat
Candi Blandongan merupakan candi bata yang sementara paling lengkap bangunannya ketika ditemukan daripada candi lainnya yang ada di Jawa Barat. Tekhnologi dan arsitektur candi ini lebih rumit dan raya perbingkaian berupa pelipit rata (patta),pelipit setengah lingkaran (kumuda),dan gerigi.

Sumuran Candi
Desa Telagajaya,Pakisjaya,Karawang,Jawa Barat.
Salah satu situs yang ada di kompleks batujaya

Situs Patapan
Kampung Patapan pasir,Desa Nagara,Cikande,Serang
Bangunan terbuka berdenah bujur sangkar diatas sebuah bukit,terdapat batu Pelinggih dan lapik atau altar.Berdasarkan namanya pada masa kemudian digunakan sebagai tempat bertapa.Pemilihan bukit sebagai sarana spiritual berakar pada konsep gunung sebagai tempat arwah nenek moyang pada masa prasejarah dan berpadu pada konsep meru dalam agama Hindu-Budha.

Prasasti Batu Tulis
Jln. Batu tulis,Desa Batu tulis,Kec.Bogor selatan,Kab.Bogor,Provinsi Jawa Barat
Prasasti ini dibuat pada masa pemerintahan surawisesa (1521-1533 m) salah satu putra dari raja padjajaran,menggunakan bahasa sunda dan huruf sunda kuno dengan angka tahun 1455s / 1533m.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar