Minggu, 31 Maret 2013

Steve Jobs



          Steven Paul Jobs (lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955) adalah pemimpin perusahaan Apple Computer dan tokoh utama di industri komputer. Sebagai pendiri Apple Computer di tahun 1976 (bersama dengan Steve Wozniak), ia mempopulerkan konsep computer rumah tangga dengan nama Apple II. Ia juga merupakan salah satu orang yang pertama kali menyadari potensi untuk mengomersialkan antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dan mouse yang dikembangkan di Palo Alto Research Center. Jobs juga memimpin Pixar Animation Studios, sebuah perusahaan computer animasi terkemuka di dunia layar lebar.
            Sejak bayi, beliau diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs dari Mountain View, Santa Clara County, California. Orang tua angkatnya inilah yang memberikan nama Steven Jobs. Orang tua biologisnya kelak menikah dan memberinya adik perempuan bernama Mona Simpson yang kini terkenal sebagai novelis.
            Di tahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Cupertino, California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi dikeluarkan/drop out setelah satu semester. Namun, ia segera mendaftar ke Reed College, salah satu hal yang dipelajari di sana adalah kaligrafi. Di tahun 1976, Jobs yang berusia 21 dan Wozniak yang berusia 26, mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan jobs dan Wozniak diberi nama Apple I. Di tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang menjadi sukses besar di pasaran komputer rumah tangga dan member pengaruh besar kepada Apple di industry computer pribadi yang masih muda.
            Seiring dengan berkembangnya Apple Computer, perusahaan itu mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur perkembangan perusahaan tersebut. Di tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley, dari perusahaan Pepsi-Cola, untuk memimpin Apple Computer. Di tahun 1984 menjadi tahun pengenalan Macintosh, yaitu computer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis. Walaupun Jobs sangat persuasive dan karismatik bagi Apple, banyak yang menganggap bahwa dia pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Di tahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di Apple, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple.
            Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan computer lagi, NeXT Computer. Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga US$ 402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997, ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio. Di bawah bimbingan Jobs, perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac. Belakangan ini, Apple mulai mengembangkan saypnya dengan pengenalan iPod (alat music portable), piranti lunak iTunes, dan iTunes Music Store. Apple juga mulai mengembangkan produknya ke gadget komunikasi dengan mengeluarkan iPhone dan iPad.
            Pada pertengahan 2004, Steve Jobs didiagnosa terkena kanker pankreas. Dan penyakit inilah yang mengakhiri hidup Jobs pada 5 Oktober 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar